Membangun rumah dari batako pasir sudahlah biasa. Pernahkah terpintas di pikiran kalian untuk membuat rumah dari sampah plastik? Sampah plastik ternyata bisa dibuat menjadi batako lohh. Namun kalian harus tahu cara membuat batako dari limbah plastik terlebih dahulu.

Batako Limbah Plastik

Batako dari limbah plastik adalah batako yang terbuat dari limbah plastik. Penggunaan batako ramah lingkungan ini sangat cocok digunakan sebagai solusi dalam industri kontruksi. Penggunaan batako ini sama seperti batako biasa dan memiliki kekuatan yang sama, hanya saja bahan yang digunakan ramah lingkungan karena terbuat dari sampah plastik.

Sampah plastik yang digunakan pun bermacam-macam. Semua jenis plastik dapat kamu gunakan untuk membuat batako ini. Namun jenis plastik yang berbeda tentu akan menghasilkan batako yang berbeda pula.

Mengapa Membuat Batako dari Limbah Plastik

Pembuatan batako dari limbah plastik ini tentunya sudah dikaji sebelum dilakukan. Pemilihan limbah plastik sebagai bahan bakunya juga pasti telah dipertimbangkan dari segi ketahanan, kekuatan, dan efek jangka panjangnya. Batako ini termasuk kuat dan keras walaupun dari plastik.

Namun saat ini masih banyak yang takut menggunakan batako plastik ini untuk membuat rumah. Banyak yang takut bangunan yang dihasilkan akan mudah roboh karena terbuat dari plastik. Masih banyak yang takut jika rumah akan roboh saat terjadi gempa, atau bencana lainnya.

Padahal batako ini sudah didesain dengan sangat matang dan banyak pertimbangan. Jadi sangat tidak mungkin jika batako akan roboh dengan mudah.

Cara Membuat Batako dari Limbah Plastik

membuat batako dari limbah plastik

1. Pengumpulan Sampah Plastik

Pengumpulan sampah plastik dilakukan dengan mengumpulkan sendiri atau bisa memungut dari tempat sampah. Karena dalam membuat batako ini membutuhkan banyak sampah plastik. Maka dari itu mengumpulkan sampah plastik dalam jumlah yang banyak.

2. Penyortiran Sampah Plastik

Sampah yang terkumpul harus disortir berdasarkan jenisnya dan apakah plastik tersebut dapat didaur ulang. Sampah yang tidak bisa didaur ulang ini bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan yang indah. Jika sampah dapat didaur ulang, dikumpulkan berdasarkan jenisnya agar saat proses mengolah tidak tercampur dengan jenis plastik lainnya.

3. Pembersihan Sampah Plastik

Sampah plastik yang telah disortir dan layak untuk didaur ulang harus dibersihkan terlebih dahulu. Proses pembersihan ini dilakukan dengan mencuci sampah plastik dengan aliran udara. Proses ini biasanya dilakukan oleh mesin agar lebih cepat.

4. Penghancuran Sampah Plastik

Sampah plastik harus dihancurkan terlebih dahulu agar proses pepelehan menjadi lebih mudah. Penghancuran plastik ini bisa kamu lakukan dengan mesin pencacah plastik agar lebih cepat dan mudah.

5. Pelelehan Biji Plastik

Selanjutnya lelehkan biji plastik dengan mesin pepeleh plastik. Plastik dilelehkan hingga tercampur rata. Tambahkan juga bahan lain yang dapat menambah kekuatan batako.

6. Pencetakan Adonan Plastik

Jika adonan plastik yang telah meleleh dan tercampur rata, masukkan pada cetakan dan padatkan hingga cetakan terisi penuh.

7. Pengerasan

Tahap pengerasan bisa dilakukan dengan menjemur batako yang telah dicetak atau bisa dimasukkan ke dalam oven khusus.

8. Penyelesaian

Tahap finishing ini bisa kamu lakukan dengan merapikan pinggiran batako yang biasanya ada sisa adonan yang menempel.

Kesimpulan

Membuat batako dari limbah plastik adalah cara yang tepat dalam mendaur ulang plastik. Ini menjadi inovasi yang baru dalam dunia konstruksi. Penggunaan batako dari limbah plastik tentu akan mengurangi penggunaan pasir dan semen untuk membuat batako. Dengan begitu lingkungan juga bisa menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *