Contoh daur ulang sampah plastik harus berguna dan bermanfaat bagi penggunanya. Tidak hanya sekedar memanfaatkan sampah yang ada, namun harus memperhatikan kegunaan barang tersebut kedepannya agar tetap bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Sampah plastik merupakan limbah yang sulit terurai. Jika dibiarkan begitu saja pasti akan menumpuk dan menimbulkan bau jika terkena hujan. Namun jika dibakar akan menimbulkan polusi udara yang tidak baik bagi kesehatan. Satu satunya cara yang bisa kalian lakukan adalah dengan mendaur ulang sampah plastik tersebut.

Daur ulang sampah plastik bisa kalian lakukan dengan berbagai macam cara. Contoh daur ulang sampah plastik yang baik adalah daur ulang yang efektif dalam mengurangi sampah dan menghasilkan barang yang berguna.

Daur Ulang Sampah Plastik

Daur ulang sampah plastik adalah proses mengubah sampah plastik menjadi barang baru yang lebih berguna. Tujuan lagi dari daur ulang sampah plastik adalah mengurangi jumlah sampah plastik yang ada.

Daur ulang sampah plastik sebenarnya tidak harus mengubah plastik itu menjadi suatu barang, dengan menggunakan kembali plastik yang masih terpakai juga termasuk daur ulang.

Contoh Daur Ulang Sampah Plastik

contoh daur ulang limbah plastik

Berikut contoh daur ulang sampah plastik yang bisa kamu ikuti.

1. Piring dari Gelas Plastik

Piring dari gelas plastik hampir mirip dengan piring dari rotan. Tetapi piring gelas plastik ini lebih istimewa karena bahan dan cara membuatnya yang unik. Dengan menggunakan bibir gelas plastik akan menghasilkan piring cantik yang berguna.

2. Gantungan Kunci

Gantungan kunci dari sampah plastik bisa kalian buat dari banyyak jenis plastik seperti tutup botol, maupun plastik lainnya. Namun biasanya gantungan kunci ini lebih baik dari plastik dengan bahan yang tebal dan tidak mudah pecah. Jika membuatnya dengan tutup botol cukup dengan menggabungkan 2 tutup botol dan beri gantungan sudah jadi.

3. Kincir angin

Mainan yang satu ini cukup mudah loh untuk kalian ikuti. Cukup dengan menyiapkan gelas plastik dan kawat bisa menjadi kincir angin mainan. Caranya dengan menggunting gelas plastik dari sisi atas ke bawah dan membuat lubang pada bagian bawah sudah jadi kincir angin yang cantik. Gunakan gelas plastik yang memiliki motif agar kincir angin terlihat lebih indah.

4. Pot Tanaman

Pot tanaman dari botol plastik merupakan ide yang mudah untuk dilakukan. Dengan menggunting bagian atas atau samping botol sudah kamu gunakan untuk menanam tanaman. Jika kamu memotong bagian samping botol, kamu bisa menatanya di dinding pagar agar terlihat lebih indah. 

5. Bunga Hias

Bunga hias dari sampah plastik dapat kalian buat dari berbagai jenis plastik seperti kantong plastik maupun botol plastik. Kamu dapat membuat berbagai macam jenis dan bentuk bunga sesuai dengan kreatifitas yang kamu inginkan. Jangan lupa tambahkan daun-daunan agar bunga hias terlihat lebih realistis dan indah. Tutupi juga bagian tangkai bunga dengan kantong plastik berwarna hijau agar seperti bunga sungguhan.

Penutup

Sebenarnya ada banyak contoh daur ulang sampah plastik. Ide dan pemikiran tentunya berperan penting dalam memberikan gagasan untuk memulainya.

Tidak perlu membuat barang menjadi indah dan mewah, namun efek pada berkurangnya sampah plastik yang perlu ditekankan. Percuma jika mampu menghasilkan barang yang indah namun tidak efektif dalam mengurangi sampah dan malah menambah sampah baru lagi.

Mulailah dengan memungut sampah dan mengubah sampahmu menjadi karya yang indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *