cara buat briket arang kelapa

Briket arang tempurung kelapa kini menjadi primadona di berbagai negara. Popularitasnya ini melahirkan banyak pertanyaan, termasuk pertanyaan terkait cara buat briket arang kelapa. Digemari karena sifatnya yang alami dan ramah lingkungan, briket arang tempurung kelapa menawarkan alternatif ideal untuk menggantikan kayu bakar, minyak tanah, dan bahan bakar fosil lainnya.

Cara Buat Briket Arang Kelapa

Membuat briket arang tempurung kelapa membutuhkan serangkaian langkah yang terencana. Langkah-langkah ini, bila dilakukan dengan benar, akan menghasilkan briket berkualitas tinggi yang tahan lama dan menghasilkan panas optimal. Berikut panduan lengkap cara buat briket arang kelapa dengan mudah yang dimulai dari proses pengarangan dan diakhiri proses pengeringan.

Alat :

  • Mesin briket arang
  • Alat pencetak briket
  • Oven briket
  • Mesin pencampur adonan

Bahan:

  • Tempurung Kelapa
  • Tepung kanji
  • Air

Langkah 1 Cara Buat Briket Arang Kelapa: Pengarangan

Metode pembuatan arang ini melibatkan pembakaran tempurung kelapa di dalam wadah tertutup. Proses ini bertujuan untuk menghasilkan arang berkualitas tinggi dengan meminimalkan asap dan abu.

Wadah yang digunakan biasanya berupa tong atau drum yang dimodifikasi agar memiliki ventilasi terbatas. Ventilasi yang dibatasi ini berperan penting dalam mengendalikan jumlah oksigen yang masuk ke dalam wadah. Oksigen yang minim akan memperlambat proses pembakaran dan menghasilkan arang yang lebih tahan lama dan menghasilkan panas yang lebih optimal.

Langkah 2: Penepungan

Arang yang terbentuk pasca pembakaran diubah menjadi serbuk melalui langkah penghancuran menggunakan teknik manual atau dengan alat khusus.

Langkah 3: Penyaringan

Setelah itu, serbuk arang disaring untuk memisahkan partikel yang halus dari yang kasar atau berukuran besar. Hanya serbuk arang yang halus yang cocok digunakan dalam pembuatan briket.

Langkah 4: Pencampuran Bahan

Setelah proses penyaringan, serbuk arang dicampur dengan bahan perekat seperti lem kanji sekitar 2,5% dari berat serbuk arang. Langkah ini bertujuan untuk memudahkan proses pembentukan bahan tersebut.

Langkah 5: Pencetakan dan Pemotongan Briket

Selanjutnya, briket dibentuk sesuai kebutuhan dengan bantuan mesin pencetak briket untuk mempermudah prosesnya. Setelah proses pencetakan, briket dipangkas menjadi ukuran yang seragam. Alat pemotong briket dapat digunakan untuk memastikan ketepatan hasilnya.

Langkah 6 Cara Buat Briket Arang Kelapa: Pengeringan

Briket yang sudah dipotong kemudian dijemur untuk dikeringkan. Proses pengeringan bisa dilakukan dengan cara dibiarkan di udara terbuka atau lebih cepat menggunakan oven.

 

Peluang Bisnis Briket Arang Kelapa

Usaha pembuatan briket arang dari batok kelapa menawarkan potensi yang menjanjikan, karena beberapa faktor membuatnya diminati di pasar. Berikut beberapa kesempatan bisnis dalam produksi briket arang dari batok kelapa.

Modal Terjangkau

Salah satu keunggulan utama dalam industri briket arang batok kelapa adalah modal yang relatif kecil yang dibutuhkan. Proses produksinya cukup mudah, menjadikannya opsi menarik bagi para pengusaha yang baru memulai dan ingin mencoba peruntungan di dunia bisnis. Selain itu, perlengkapan yang diperlukan tidak memerlukan investasi besar.

Bahan Mudah Ditemukan

Bahan pokok yang digunakan untuk membuat briket arang adalah tempurung kelapa, sebuah sumber daya alam yang melimpah di banyak daerah di Indonesia. Ketersediaan yang berlimpah dari bahan baku ini akan mendukung produksi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pasar dengan baik.

Cara Buat Briket Arang Kelapa Mudah

Proses pembuatan briket arang dari batok kelapa tidak memerlukan langkah-langkah yang rumit. Dengan menggunakan peralatan sederhana seperti mesin penggiling arang dan alat pencetak briket, Anda dapat mengelola usaha ini secara efisien.

Potensi Pasar Besar

Peluang pasar untuk briket arang dari batok kelapa sangat luas, bahkan mencakup pasar internasional seperti Eropa. Keberlanjutan dan daya tarik produk yang ramah lingkungan menjadi faktor utama dalam menarik minat pasar global.Permintaan akan produk yang dibuat dari bahan baku alami yang dapat diperbaharui semakin meningkat, dan briket arang dari batok kelapa memenuhi syarat ini dengan sangat baik.

Keuntungan Besar

Dengan biaya awal yang terjangkau dan permintaan yang tinggi, bisnis pembuatan briket arang dari batok kelapa memiliki potensi keuntungan yang menjanjikan. Dengan harga yang kompetitif dan keunggulan produk seperti keamanan dan ramah lingkungan, briket ini menjadi pilihan yang diminati di pasar.

 

Penutup

Kesimpulannya, briket arang tempurung kelapa diminati secara luas karena keunggulannya yang alami dan ramah lingkungan. cara buat briket arang kelapa tergolong mudah dan memerlukan modal terjangkau. Dengan pasar yang besar, baik lokal maupun internasional, bisnis ini menjanjikan keuntungan besar dengan harga yang bersaing. Demikian artikel ini, baca juga artikel mengenai manfaat sabut kelapa muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *