Inovasi dalam industri pembangunan berkembang pesat akhir akhir ini. Seperti halnya batako yang terbuat dari limbah plastik ini. Cara membuat batako dari limbah plastik ini pun cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Membuat batako dari limbah plastik lebih lama proses namun modal bahan bakunya lebih murah jika dibandingkan batako pasir. Dengan membuat batako dari plastik ini tentunya akan mengurangi jumlah permintaan pasir yang ada. Dengan begitu penambangan pasir akan lebih sedikit dan efek dari kerusakannya terhadap lingkungan akan menjadi lebih kecil.

Batako Limbah Plastik

Batako adalah batu bata yang digunakan dalam pembuatan bangunan sebagai temboknya. Sedangkan batako limbah plastik adalah batu bata yang terbuat dari sampah plastik yang dilelekan kemudian dicetak membentuk batako.

Batako dari limbah plastik ini memiliki tekstur yang keras dan kuat. Selain itu batako ini juga tidak mudah pecah jika terjatuh dari bangunan yang tinggi. Batako dari limbah plastik ini lebih cocok digunakan pada bangunan kecil seperti rumah, ataupun tembok pagar. Sangat tidak disarankan menggunakan batako ini pada bangunan gedung.

Namun kalian tidak perlu takut, batako dari sampah plastik ini memiliki kekuatan yang hampir sama seperti batako semen. Walaupun sebenarnya penggunaan batako plastik ini lebih cocok digunakan sebagai paving blok karena sesuai dan mengurangi risiko lain.

Langkah-Langkah Membuat Batako dari Limbah Plastik

membuat batako dari limbah plastik

Membuat batako dari limbah plastik ini cukup mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah loh. Namun jika ingin memproduksinya dalam jumlah banyak membutuhkan teknologi yang modern agar hasilnya lebih cepat dan bagus.

Berikut langkah langkah membuat batako dari limbah plastik.

1. Pengumpulan Sampah

Langkah pertama mengumpulkan sampah plastik yang bisa didaur ulang. Pisahkan sampah plastik dari sampah organik.

2. Pencucian Sampah

Cuci sampah plastik yang sudah terkumpul menggunakan air bersih. Pastikan tidak ada kotoran atau tanah yang tersisa pada plastik. Setelah itu keringkan sampah plastik hingga kering.

3. Pencacahan Sampah

Selanjutnya masukan sampah plastik yang sudah bersih dan kering pada mesin pencacah. Tunggu hingga sampah plastik tercacah secara sempurna.

4. Sortir sampah

Padahal sampah yang dicacah adalah sampah plastik semua. Namun penyortiran bisa kamu lakukan agar batako yang dihasilkan memiliki warna atau bahan yang sama.

5. Pelelehan Sampah

Kemudian lelehkan cacahan sampah plastik pada mesin pepeleh. Biasany pada saat melelehkan plastik ini ditambahkan bahan lain seperti oli bekas, pasir, atau serbuk kayu agar batako yang dihasilkan menjadi lebih kuat.

6. Pencetakan Batako

Setelah samapah plastik meleleh dan tercampur, masukkan adonan sampah plastik pada cetakan yang ada. Jangan lupa padatkan adonan pada cetakan supaya tidak ada pori pori pada batako.

7. Pendinginan

Selanjutnya masukan cetakan yang sudah terisi adonan lelehan plastik pada air dingin dan tunggu hingga batako benar benar sudah dingin untuk dikeluarkan dari cetakan.

8. Penyelesaian

Langkah terakhir adalah finishing. Setelah batako dingin, keluarkan batako dari cetakan dan rapikan tampilan batako agar lebih bagus dan rapi.

Penutup

Setelah mengikuti langkah langkah di atas, membuat batako dari limbah plastik sangat mudah bukan. Hanya dengan melelehkan plastik bekas saja bisa menghasilkan bahan bangunan yang kokoh dan kuat.

Selain hasil yang kuat, batako ini juga lebih ramah lingkungan. Meskipun mungkin ada ketakutan jika ada kebakaran atau jika terkena paparan matahari. Namun batako ini aman jika digunakan sebagaimana mestinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *