Kalian pasti tahu kemana larinya kantong plastik setelah berbelanja. Ya betul, semua kantong plastik itu pasti akan berakhir di tempat sampah. Bayangkan saja setiap berbelanja mendapatkan kantong plastik, ada berapa kantong plastik yang telah terbuang? Pasti banyak sekali. Kalian dapat mengikuti cara mendaur ulang kantong plastik di artikel ini.

Daur ulang kantong plastik dapat kamu lakukan daripada hanya membuangnya di tempat sampah. Cara mendaur ulang kantong plastik juga tidak begitu sulit. Hanya perlu mengeluarkan ide kreatif kalian untuk menyulapnya mejadi barang yang bisa dipakai lagi.

Apa Itu Daur Ulang Kantong Plastik

Daur ulang kantong plastik adalah proses mengubah kantong plastik menjadi barang baru yang dapat berguna dan dapat digunakan lagi. Selain itu daur ulang kantong plastik bertujuan mengurangi kantong sampah plastik.

Cara mendaur ulang kantong plastik ini bisa kamu lakukan dengan membuatnya menjadi barang berguna lain maupun menggunakan kembali kantong plastik. Atau Anda juga bisa menyerahkan kantong plastik yang tidak terpakai ke tempat daur ulang terdekat. Di sana kantong plastik akan dicairkan dan dibuat menjadi kantong plastik yang baru atau barang lainnya.

Cara Daur Ulang Kantong Plastik

cara mendaur ulang kantong plastik

Berikut cara daur ulang kantong plastik yang baik.

1. Gaun Plastik

Gaun dari kantong plastik menjadi kerajinan yang sangat indah. Walaupun caranya ribet dan sulit namun hasilnya akan terlihat megah. Gaun dari kantong plastik ini biasanya dipraktekkan saat berada di jenjang sekolah. Namun dalam dunia fashion pun banyak yang membuat gaun dari kantong plastik ini, terutama pada acara fashion show dengan tema yang berkaitan dengan mengurangi sampah.

Membuat gaun dari kantong plastik ini tentunya berbeda caranya dengan membuat dari kain. Karena kantong plastik memiliki ukuran yang kecil sehingga perlu menggabungkannya agar menjadi lembaran yang lebar.

2. Menjadikan kantong plastik baru

kantong plastik yang tidak terpakai tentu saja bisa di daur ulang menjadi kantong plastik yang baru. Cukup dengan melelehkan kantong plastik yang sudah tidak terpakai dan mencetaknya kembali dapat menjadi kantong plastik yang baru dan bersih. Namun hasil daur ulang ini dinilai lebih berbahaya karena mengandung banyak zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan penggunanya. Karena plastik daur ulang ini sudah diolah berkali kali sehinga mengeluarkan zat kimia.

Mendaur ulang menjadi kantong plastik baru ini tidak bisa dilakukan berkali kali. Biasanya proses daur ulang hanya dilakukan dua hingga tiga kali untuk menghindari menyebarnya zat kimia berbahaya yang terkandung pada kantong plastik.

3. Mainan

Ada banyak mainan yang dapat dibuat hanya dengan kantong plastik. Contoh mudahnya adalah parasut mainan. parasut mainan ini hanya terbuat dari kantong plastik, benang dan juga alat pemberat. Namun tidak semua kantong plastik bisa kalian gunakan. Untuk membuat parasut mainan ini kalian membutuhkan kantong plastik yang tipis dan tidak kaku. Cukup dengan mengaitkan benang pada plastik yang sudah berbentuk lingkaran, parasut mainan sudah dapat kalian mainkan.

Penutup

Setelah membaca berbagai macam cara dalam mendaur ulang kantong plastik tentunya tidak akan ada kantong plastik yang berserakan di sekitar kalian dong. Cara mendaur ulang yang mudah juga tidak akan menjadi kendala dalam mengurangi sampah kantong plastik.

Namun mendaur ulang saja tidak cukup efektif, maka dari itu perlu kesadaran untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Kalian dapat beralih ke kantong kain atau kantong kertas yang dapat digunakan berkali kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *