Ada banyak karya yang bisa kalian terapkan dalam mendaur ulang plastik. Namun tidak semua barang hasil daur ulang memiliki manfaat dalam jangka panjang. Cara daur ulang plastik menjadi tas adalah contoh yang dapat kalian lakukan.

Cara daur ulang plastik menjadi tas ini cukup mudah namun memberikan hasil yang mewah dan memiliki nilai jual yang tinggi. Bahan dasar yang unik pasti akan memikat pelanggan untuk membeli apalagi jika kamu berada di daerah wisata.

Apa Itu Tas Plastik

Tas plastik adalah kerajinan berupa tas yang terbuat dari plastik bekas atau berbahan dasar sampah plastik. Tas dari sampah plastik ini memiliki keunikan yang berbeda dari tas lainnya. Meskipun dalam membuat tas ini memerlukan metode yang sulit.

Tas dari sampah plastik ini kuat dan dapat digunakan untuk membawa barang berat sesuai dengan tujuan dibuatnya tas. Model yang dibuat pun bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, misal membuat tas kecil dengan model seperti dompet atau tas besar yang bisa kamu gunakan untuk belanja bulanan ke pasar. Atau kamu bisa memasaknya menjadi tas untuk acara formal dengan membuatnya tampak elegan dengan menambahkan pernak pernik pada bagian luarnya.

Jika kamu membuka bisnis produksi tas plastik ini kamu bisa menambahkan merk atau logo pada bagian depan tas. Tas plastik ini bisa kamu jadikan cinderamata dari daerahmu loh.

Cara Daur Ulang Plastik Menjadi Tas

cara daur ulang plastik menjadi tas

Proses pembuatan tas plastik ini cukup mudah dan tidak memerlukan mesin atau dengan kata lain kamu bisa membuatnya dengan tanganmu sendiri. Hanya dengan plastik dan beberapa bahan lainnya tas ramah lingkungan dan ekonomis bisa kamu jual dengan harga yang berlipat ganda loh.

Berikut cara membuat tas dari plastik.

Alat dan Bahan:

  • Kemasan Plastik
  • Benang
  • Gunting
  • Menyetel ulang
  • Kain Polos

Cara Membuat:

  1. Pertama kumpulkan kemasan plastik dengan motif yang sama. Misalnya kamu ingin menggunakan kemasan Taro kamu bisa mengumpulkan kemasan yang sama dalam jumlah banyak.
  2. Selanjutnya bersihkan dengan menggnakan sabun agar sisa makanan, minyak, dan kotoran yang ada pada kemasan bisa hilang dan tidak berbau.
  3. Jangan lupa keringkan kemasan yang telah kamu cuci hingga kering.
  4. Setelah itu potong kemasan plastik dengan lebar yang sama yaitu sekitar 2 atau 3 cm. Buatlah potongan dalam jumlah banyak.
  5. Kemudian anyamlah kemasan yang sudah digunting dengan satu sama lain. Lakukan hingga sesuai keinginan kamu, jika kamu ingin tas yang besar kamu bisa membuatnya lebih besar.
  6. Selanjutnya anyam juga kemasan plastik tadi menjadi bentuk tali. Buatlah 2 tali pegangan.
  7. Sambungkan tali anyam dengan tas yang sudah jadi dengan menjahitnya. Pastikan sambungannya terjahit dengan kuat agar tidak mudah lepas.
  8. Kemudian lapisi bagian dalam tas menggunakan kain dan jahit pada plastiknya.
  9. Kemudian pasang resleting pada bagian atas dan jahit juga dengan kain di bawahnya.
  10. Tas daur ulang plastik siap kamu pakai.

Penutup

Membuat tugas dari limbah plastik tentunya menjadi tantangan dalam menuangkan ide dan keahlian menganyam. Namun hasil dari daur ulang ini cukup unik dibandingkan barang lainnya.

Daur ulang sampah menjadi tas plastik sebenarnya sudah banyak yang melakukannya. Tapi kamu bisa memasaknya dengan cara unik dan berbeda agar memberikan nilai yang berbeda dengan tas lain.

Membuat tas plastik dengan variasi yang bermacam-macam tentunya dapat menambah nilai jual dalam pasar kerajinan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *