Bisnis ekspor impor adalah salah satu bisnis menguntungkan untuk diminatii, apabila kamu seorang importir pemula yang baru mencoba mengekspor beberapa produk, untuk mengekspor sabut kelapa bisa untuk dicoba. Apabila bingung bagaimana sih cara ekspor sabut kelapa, Nihh aku jelasin detail cara cara nya.

Sabut kelapa ialah serat yang didapatkan dari kulit luar buah kelapa. Serat ini mempunyai berbagai manfaat, dari bahan baku pembuatan produk kerajinan tangan sampai untuk bahan baku produksi karbon aktif. Di Indonesia, sabut kelapa sudah jadi salah satu produk ekspor yang mempumyai potensi besar.

Cara Ekspor Sabut Kelapa Keluar Negri

cara ekspor sabut kelapa

   1.Persiapan Sebelum Ekspor Sabut Kelapa

Dan juga sebelum melakukan ekspor sabut kelapa, ada beberapa persiapan yang wajib dilaksanakan terlebih dulu. Contohnya ialah dengan adanya mendapatkan izin ekspor yang dari pemerintah Indonesia. Surat izin ini bisa didapatkan dari Kementerian Perdagangan / Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Jika sabut kelapa yang akan diekspor digunakan sebagai bahan baku untuk mengolah produk makanan juga obat-obatan.

Tidak cuma itu aja, kalian juga sangat wajib melakukan negosiasi dengan pihak pembeli soal harga dan kualitas sabut kelapa yang akan di diekspor. Cek dahulu, kamu mempunyai kontrak jual beli yang sudah pasti jelas bersama pihak pembeli supaya proses ekspor dapat berjalan lancar.

2.Terapkan Marketing yang Tepat

Ada juga cara ekspor kelapa untuk ke luar negeri dapat lebih mudah dilaksanakan apabila kamu melalukan memasarkan produk kamu dahulu. Cara ini berguna supaya calon pembeli mampu mengenal produk kamu. Dan lalukan pendaftaran perusahaan kamu di e-commerce/portal bisnis yang juga berbasis internasional.

   3.Proses Produksi Sabut Kelapa

Sabut kelapa bisa diolah lewat dua cara,  secara manual memakai mesin. Apabila kamu akan memproduksi sabut kelapa dengan cara manual, kamu cuma perlu untuk mengupas dan juga untuk membersihkan kulit luar kelapa dan juga untuk mengeringkannya dijemur di bawah sinar matahari yang panas.

Sedangkan apabila kamu akan memproduksi sabut kelapa memakai mesin, kamu hanya membutuhkan mesin pengupas sabut kelapa dan juga mesin pencacah sabut kelapa. Untuk melakukan proses produksi ini dapat menghasilkan sabut kelapa untuk jumlah yang dapat lebih banyak dan juga bisa lebih cepat jika dibandingkan dengan cara produksi dengan manual.

4.Pengiriman dan Dokumen Ekspor

Jika kamu sudah melengkapi persyaratan dari ekspor, maka kamu bisa melakukan pengiriman sabut kelapa untuk di kirim ke negara yang sudah di pilih. Harus sudah di pastikan kamu memakai dari jasa pengiriman yang sudah terpercaya supaya sabut kelapa kamu bisa ke tujuan dengan keadaan utuh dan slamat.

Contoh untuk beberapa dokumen ekspor yang wajib di persiapkan untuk sebelum melaksankan pengiriman, yaitu:

  • Invoice
  • Bill of lading
  • Packing list
  • Certificate of origin
  • Certificate of health (jika diperlukan)

   5.Potensi Pasar Ekspor Sabut Kelapa

Indonesia memiliki potensi besar dalam ekspor sabut kelapa. Ada juga negara yang jadi pasar potensial untuk sabut kelapa Indonesia yaitu Amerika Serikat, India, China, dan Eropa. Sabut kelapa bisa menjadi alternatif bahan baku untuk produk-produk karpet, jala, dan bahan pengisi di sofa.

Tidak hanya itu, sabut kelapa juga dipakai untuk bahan baku produksi karbon aktif yang dipakai dalam industri minyak dan gas, farmasi, dan industri makanan dan minuman.

Kesimpulan

Waktu melaksanakan ekspor sabut kelapa, persiapkan diri kamu dengan baik dan pastikan kamu sudah memenuhi persyaratan ekspor yang diperlukan. Dengan potensi pasar yang besar, sabut kelapa bisa menjadi alternatif bisnis yang menjanjikan untuk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *